Product Berbasis Data

Rabu, 12 November 2014
Oleh: Muhaimin Iqbal
 
Di jaman over information seperti sekarang ini kita dibanjiri dengan arus informasi yang lebih dari yang kita butuhkan. Banyak sampah yang membuat kita tersesat di belantara informasi yang tidak kita butuhkan dan men-distract kita dari fokus yang seharusnya. Tetapi informasi yang sangat besar atau yang disebut Big Data – yaitu berbagai data yang mengalir secara kontinyu dan tidak terstruktur-pun bisa menjafi sumber informasi yang efektif bila kita bisa mengelolanya. Produk atau bahkan perusahaan baru bisa terlahir dengan inspirasi Big Data ini. 


Olive Leaf Extract (OLE) atau ekstrak daun zaitun adalah salah satu contoh produk yang kita kembangkan dengan mengolah Big Data dari hampir seluruh dunia berupa research, diskusi di social media, video dan berbagai data yang tidak terstruktur lainnya. Pada waktunya nanti hasil olahan yang sudah lebih mudah dicerna bagi masyarakat akan kami pubilikasikan untuk menjadi model, bagaimana produk dibuat, bagaimana penyakit bisa disembuhkan Allah melalui ikhtiar manusia antara lain melalui pengolahan Big Data dlsb.

Di jaman informsi yang sangat besar tetapi terolah – Big Data – ini pengobatan suatu penyakit tidak lagi satu arah, dari dokter, pabrik obat dan industri kesehatan lainnya ke pasien. Tetapi bisa melalui dua arah, pasien (atau keluarganya) ikut terlibat secara proaktif ‘menemukan’ sendiri obat-obat yang dibutuhkannya.

Bukan hanya di dunia medis, di dunia kebutuhan sehari-hari-pun suatu produk atau bahkan perusahaan baru bisa dilahirkan dari pengolahan Big Data ini. Ilustrasi dibawah misalnya adalah data apa yang dibicarakan para wanita di dunia maya – yang diucapkan pria tidak saya tampilkan karena lebih banyak kata-kata yang jorok yang muncul yang tidak pantas untuk situs ini.


Inspirasi Dari Big Data

Data di ekstrak dari berbagai sumber data yang tidak terstruktur seperti pembicaraan di facebook, twitter dlsb. karena besarnya data dan variasinya, tidak lagi cukup disajikan dalam bentuk kolom dan baris seperi pada pengolahan data terstruktur pada umumnya.

Penyajiannya bisa seperti dalam ilustrasi di atas dimana kata-kata yang paling sering terucap ditampilkan dalam warna dan ukuran yang menonjol, atau penampilan-penampilan lain yang memudahkan orang untuk menangkap pola dari informasi yang sedang dicarinya. Dengan melototi pola-pola di data tersebut, Anda sudah akan bisa menemukan inspirasi produk apa misalnya yang akan sesuai untuk para wanita ini.

Ada pelajaran lain dari produk atau usaha yang terlahir dari pengolahan Big Data ini. Ilmu manusia sepanjang jaman semuanya bila dikumpulkan dan ditulis, kemudian ditambah lagi tujuh kalinya – itu tidak akan cukup untuk menulis ilmu dan hikmah Allah.

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering) nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah (ilmu dan hikmahNya). Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS 31:27)

Bukan hanya sebagai sumber data, informasi dan ilmu yang tidak terbatas, ayat-ayatNya itu juga berbeda dengan kalimat-kalimat yang dikumpulkan dari manusia.

Dua orang berbicara saja pasti banyak perbedaan, apalagi mengolah data dari sekian banyak sumber – pasti amat sangat banyak perbedaan dan pertentangannya. Sedangkan kalimat-kalimat Allah tidak ada yang bertentangan satu sama lain, seperti jaminanNya di ayat berikut :

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS 4:82)

Maksud saya adalah begini, bila menggunakan data yang sangat besar dari manusia yang saling bertentangan saja kita masih bisa melahirkan suatu produk atau bahkan perusahaan  - OLEA Herbal dan PT. Olea Herbal Indonesia contohnya ,  bagaimana kalau kita langsung menggunakan sumber data dan ilmu yang tidak terbatas dariNya dan data dariNya itu tiada satupun yang saling bertentangan – insyaAllah akan bisa terlahir produk-produk dan juga perusahaan-perusahaan yang dasyat kedepannya. InsyaAllah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar