Startup Academy : Bekal 24 Jam

Kamis, 18 Desember 2014
Oleh: Muhaimin Iqbal

Bagi Anda yang telah memutuskan untuk membangun usaha sendiri, atau bahkan sudah memulainya – Anda pasti sudah tahu segala konsekwensi dari keputusan besar Anda. Anda bekerja dengan keringat dan bahkan kadang juga air mata, sendirian – tidak ada yang bisa di blame dan tidak ada tempat untuk melempar tanggung jawab. Maka untuk ini Anda butuh bekal yang kokoh, butuh teman untuk share dan menguji ide-ide besar Anda siap-tidaknya diwujudkan. Untuk inilah Startup Academy kami lahirkan dengan program perdananya Startup Basic – 24 Hours Program. 


Program ini kami rancang secara modular dengan total waktu efektif 24 jam yang terdiri dari 7 modul sebagai berikut :

Modul 1 – Introduction, Learning From The Winning Startup (2 hours)

Startup bukan UKM dan banyak orang yang tidak tahu bedanya. Sama-sama bermula dari yang kecil, startup memiliki target pertumbuhan yang tinggi. Untuk memperoleh gambaran apa dan bagaimana startup, cara yang terbaik adalah dengan studi kasus terhadap startup yang dinilai baik dan bahkan Juara I tingkat  Asia yang diuji para ahlinya di Startup Asia Arena 2014.

Pada modul ini para peserta akan berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan semua anggota team yang terlibat dalam melahirkan startup juara tersebut, mulai dari penggagas idenya, team leader untuk implementasinya sampai juga para teknisi lapangan yang bekerja keras mewujudkannya.

Modul 2 – Vision, Journey To The Future (2 hours)

Startup-ers adalah para pemberani yang berani bermimpi untuk membuat perubahan besar dan berani pula untuk mengimplemantasikannya. Maka dia harus bisa menajamkan mimpi-mimpinya menjadi visi yang sangat detil dan jelas seolah-olah dia telah  benar-benar sampai di sana.

Bukan hanya untuk dirinya sendiri, dia harus bisa pula mengajak orang lain melihat visi yang sama – karena hanya dengan dukungan  orang yang bisa ber-visi yang samalah ide-ide besar bisa diwujudkan.

Modul 3 – Objectives,  What You Want To Achieve (4 hours)

Memimpikan sesuatu adalah mudah, mendetilkannya menjadi visi lebih berat dan lebih berat lagi ketika harus bisa di breakdown menjadi sesuatu yang specific, measurable (terukur), achievable (dapat dicapai), realistic dan timed – ada batas waktu tertentu untuk mencapainya.

Modul 4 – Strategies, How You Will Do It (4 hours)

Ini seperti perjalanan untuk mencapai suatu tujuan yang membutuhkan roadmap atau peta jalan, bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda, lewat mana, berbekal apa, perlu ditemani siapa dlsb.

Strategi adalah menyangkut bagaimana mencapai tujuan tersebut melalui jalan yang paling efektif dan sesedikit mungkin hambatan/persoalan di jalan. Maka diperlukan pendamping atau petunjuk jalan yang pernah mencapai tujuan itu atau pernah melalui jalan yang hendak Anda tempuh.

Modul 5 : Personal Action Plan (PAP) and Group Action Plan (GAP)  - (4 hours)

Strategi tidak ada gunanya kecuali benar-benar dilaksanakan baik oleh masing-masing individu yang terlibat atau secara bersama-sama dalam kelompok yang memiliki tugas yang sama.

Ini menyangkut who, doing what, when – siapa , berbuat apa dan kapan. Selain itu jua menyangkut hasil atau feedback yang diharapkan dari masing-masing langkah.

Modul 6 : Business Model Canvas (4 hours)

Modul 2 sampai Modul 5 bisa jadi sudah familiar bagi Anda yang bekerja di korporasi atau institusi besar, bedanya adalah kali ini bisa jadi Anda harus melakukannya sendirian atau dengan team yang terbatas – demikianlah startup pada umumnya.

Sebagai checklist kesiapan  Startup Anda, Anda harus bisa menjawab dengan tuntas 9 pertanyaan yang akan terkait dengan Startup Anda tersebut yaitu : 1) Siapa Pasar Anda, 2) Bagaimana menjangkaunya, 3) Bagaimana memeliharanya, 4) Apa yang Anda tawarkan yang membuat produk Anda berbeda dan unggul dari orang lain, 5) Aset-Aset apa yang Anda perlukan, 6) Apa yang akan Anda lakukan, 7) Siapa mitra yang Anda butuhkan, 8) Bagaimana struktur biaya Anda dan 9) Dari mana income Anda.

Modul 7 : Ideagoras – When Idea Meet The Resources (4 hours)

Sesiap-siap Anda untuk terjun mengimplementasikan ide besar Anda, sangat bisa jadi Anda tidak bisa terjun sendirian. Anda membutuhkan pihak-pihak lain yang akan menjadi mitra  Anda.

Modul ideagoras ini intinya adalah bagaimana mengintegrasikan segala sumber daya yang Ada dan diperlukan untuk mendukung implementasi ide Anda. Keberadaan Startup Center dimana sejumlah startup lahir di dalamnya, bisa membantu memudahkan Anda untuk menemukan dan mengintegrasikan sumber daya yang diperlukan.

Dengan total modul 24 jam efektif tersebut insyaAllah Anda akan lebih siap dalam mengimplemantasikan ide-ide besar Anda. Tergantung dengan kesibukan Anda, program 24 jam ini bisa dipadatkan dalam 3 hari berturut-turut @ 8 jam, atau 6 pekan setiap akhir pekan @ 4 jam, atau 12 pekan – sekali sepekan after office hour @ 2 jam atau waktu-waktu yang disepakati bila peserta berkelompok dengan minimal 10 orang dan maksimal 20 orang.

Untuk modul Startup Basic 24 jam bila dilaksanakan di Startup Center – Jl. Juanda 43 Depok, setiap peserta dikenakan biaya Rp 2,400,000. Pelatihan in house di tempat lain atau luar kota perlu pembicaraan kasus per kasus dengan memperhitungkan waktu perjalanan dlsb.

Selain modul Startup Basic tersebut bila peserta membutuhkannya, ada dua modul pilihan lanjutan yaitu Technical Modul dan Incubator. Technical Modul adalah pendampingan teknis yang specific untuk Startup yang akan Anda implementasikan, misalnya Anda mau membuat pabrik roti – maka perlu pelatihan untuk membuat roti dlsb.

Modul Incubator adalah apabila Anda membutuhkan dukungan lebih jauh untuk mengimplementasikan ide-ide Anda, misalnya Anda butuh alamat kantor sementara, butuh legal environment sebelum membuat perusahaan Anda sendiri, ataupun butuh resources lain yang kami miliki seperti laboratorium industri, pertanian, peternakan, perkebunan dlsb.

Untuk technical dan incubator modul karena setiap kebutuhan Anda bisa jadi unique, maka biaya-biayanya dibicarakan kasus per kasus.

Program Stratup Basic insyaAllah akan siap kami laksanakan mulai minggu kedua bulan Februari 2015, silahkan bagi Anda yang hendak mendaftar atau  sudah mendaftar sebelumnya  - untuk mendaftar ulang ke kontak situs ini atau ke topanbayu@badr-interactive.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar