Memgenali Value Curves Dalam Pengelolaan Uang & Investasi Anda…

Value Curves
Grafik disamping mungkin terlihat ribet kalau Anda lihat secara keseluruhan, agar tidak ribet dan memudahkan untuk memahami maknanya Anda dapat melihatnya satu persatu sesuai warnanya. Bila Anda lagi memperhatikan warna kuning misalnya, abaikan warna lain sehingga Anda akan melihat dengan jelas hanya kurva warna kuning tersebut.


Kurva-curva ini disebut Value Curves yaitu visualisasi secara grafik nilai-nilai dari berbagai opsi investasi Anda dilihat dari beberapa parameter kunci. Untuk parameter uang dalam contoh ini saya gunakan tiga parameter fungsi uang yaitu sebagai Medium of ExchangeUnit of Account dan Store of Value. Kemudian untuk parameter investasi saya gunakan Liquidity, Yield/Value Appreciation, Security dan Availability.  Dalam prakteknya Anda bisa membuat parameter sendiri yang Anda anggap penting dalam mengelola uang dan investasi Anda.

Dalam contoh ini kita gunakan tujuh opsi pengelolaan uang dan investasi kita yaitu Stocks, Deposit, Saving, Dinar, Gold Bar, M-Dinar dan Real Sectors. Mari sekarang kita lihat Value dari pasing-masing opsi ini bila ditinjau dari para tujuh parameter yang kita gunakan.
Medium of Exchange

Dari sisi medium of exchange, tentu saving atau tabungan memiliki nilai tertinggi karena dari tabungan Anda sekarang – Anda bisa membeli apa saja (dengan debit card dlsb). Terendah adalah investasi sektor riil karena kalau misalnya Anda punya kebun, punya sapi dlsb. ini tidak akan mudah ditukar ke benda lain – kecuali sesudah ditukar dengan uang kertas lebih dahulu.

Unit of Account

Unit of account atau timbangan yang adil ini parameter uang yang jarang disadari orang tetapi sangat penting dalam Islam karena hanya dengan timbangan yang adil inilah keadilan dalam muamalah dapat ditegakkan. Fungsi unit of Account ini hanya bisa diperankan dengan baik oleh Dinar – baik berupa keping koin Dinar, Emas lantakan ataupun bentuk modernnya seperti M-Dinar.

Fungsi unit of account ini sangat bermanfaat untuk pencatatan muamalah jangka panjang yang adil seperti pinjam meminjam, mudharabah dlsb.

Store of Value

Fungsi penyimpan nilai atau store of value dapat diperankan sama baiknya antara Emas Lantakan, Dinar, M- Dinar. Diperingkat berikutnya adalah  bisnis sektor riil yang berjalan dengan baik.

Liquidity

Mirip dengan fungsi medium of exchange, liquidity terbaik juga dimiliki oleh tabungan atau saving karena bisa diambil tunainya kapan saja. Sektor riil tentu tidak mudah diambil tunainya.

Yield/Value Appreciation

Sektor riil yang berjalan baik akan bisa mengalahkan opsi-opsi investasi lainnya, pilihan keduanya adalah Dinar Emas yang berputar aktif seperti M-Dinar. Peringkat berikutnya lagi Dinar dalam bentuk fisik dan juga emas lantakan.

Hasil terendah bahkan lebih sering dibawah tingkat inflasi pada umumnya adalah saving account kita dalam mata uang kertas apapun.

Security

Saving account dan deposit sampai nilai tertentu adalah investasi yang paling aman karena dijamin pemerintah.

Real sector adalah investasi yang aman berikutnya terutama yang berjalan dengan baik.


Availability

Lagi-lagi saving account menggungguli opsi lainnya bila dilihat dari sisi availability, dimanapun Anda berada bisa membuka saving account ini.

Mengikuti availability saving account ini adalah M-Dinar yang sekarang juga bisa diakses dari mana saja – hanya untuk smentra ini masih memerlukan akses internet.

Yang paling rendah availability-nya tentu sektor riil yang berjalan dengan baik – susah  mencari atau membangunnya.

Lantas mana pola pengelolaan uang dan investasi yang paling baik untuk Anda ?.

Tergantung apa prioritas Anda dalam mengelola uang dan investasi ini. Bila yang Anda butuhkan adalah agar investasi tersebut bisa Anda manfaatkan kapan saja dan tidak terlalu mengharapkan hasil, maka saving account atau tabungan dalam uang kertas-lah yang paling cocok untuk Anda.

Sebaliknya bila hasil tertinggi yang Anda harapkan, maka investasi sektor riil-lah yang paling bisa menjanjikan.

Bila yang Anda inginkan adalah investasi yang terjaga nilainya dalam jangka panjang, maka Dinar – lah solusinya.

Namun pedoman umum investasi adalah jangan menaruh seluruh telur pada keranjang yang sama; jadi menyebarkan ke beberapa jenis investasi sesuai masing-masing kebutuhannya seperti pada kurva-kurva tersebut diatas - insyaallah akan lebih sesuai dengan berbagai kebutuhan Anda.



Selamat berinvestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar