Inspirasi Usaha : Monetization Hobi Anda...

Ada check-list sederhana untuk mengetahui apakah Anda menikmati pekerjaan Anda atau tidak, yaitu dengan memperhatikan suasana hati Anda pada setiap hari Ahad sore.  Bila Anda merasa tidak nyaman membayangkan besuk akan mulai bekerja kembali dan perasaan ini terus berulang – maka kemungkinan besar Anda memang tidak bisa menikmati pekerjaan Anda tersebut. Sebaliknya bila Anda tetap bisa  enjoy liburan Anda sampai Ahad malam, dan kembali bergairah bekerja Senin paginya – maka besar kemungkinannya Anda memang bisa menikmati pekerjaan Anda.

Ada jenis pekerjaan lain yang Anda sangat sukai, Anda bisa lupa makan lupa tidur kalau sudah mengerjakannya – bahkan tanpa di-bayar-pun Anda rela melakukan. Pekerjaan apakah ini ?, ini adalah pekerjaan yang menyangkut hobi Anda. Hobi membuat Anda memiliki passion yaitu semangat atau kecintaan yang kuat tentang sesuatu. Passion ini pulalah yang sangat diperlukan untuk dapat mewujudkan suatu ide atau gagasan menjadi realita.

Masing-masing kita rata-rata memiliki drive berupa kekuatan internal yang luar biasa yaitu hobi yang melahirkan passiontersebut,  tetapi tidak mudah memang untuk menyatukan antara passion ini dengan pekerjaan sehari-hari yang kita perlukan dalam mencari nafkah untuk keluarga. Bahkan tidak jarang dua hal tersebut bertolak belakang, hobinya menguras penghasilannya.

Seorang suami yang hobinya meng-koleksi barang antik, meng-koleksi burung dlsb. sering mendahulukan hobinya ini dari kebutuhan lainnya yang lebih penting bagi keluarganya. Demikian pula istri-istri yang hobinya belanja dan mengkoleksi barang mewah – bisa mendorong suaminya atau bahkan orang-orang lain dalam jaringannya untuk mengambil hak orang lain dengan korupsi, suap dan lain sebagainya.

Jadi hobi ini ibarat pisau bermata dua, bila salah memupuknya bisa jadi mudharat tetapi bila bisa mengarahkan dan memfasilitasinya dengan baik – maka insyaallah akan menjadi pendorong produktifitas yang luar biasa.

Di dunia web misalnya bila Anda memiliki web yang banyak pengunjungnya Anda bisa melakukan web monetization , yaitu meng-‘uang’-kan web Anda atau menjadikan web Anda sebagai sumber penghasilan. Cara yang paling umum adalah dengan pemasukan dari iklan, atau dengan cara lain seperti yang kita lakukan dengan geraidinar.com ini – kami sama sekali tidak me-monetize-kan web ini dengan iklan tetapi dengan membangun komunitas.

Contoh diatas adalah hobi yang terkait dengan web; lantas bagaimana  me-monetize-kan hobi-hobi lain seperti memasak, merajut, membuat kue, koleksi barang antik, berkebun, beternak, dlsb-dlsb ?. Banyak sekali misalnya ibu-ibu yang hobi memasak yang enak-enak, membuat baju yang indah-indah dlsb. yang seharusnya merupakan hobi produktif tetapi karena gagal me-monetize-nya atau tidak bisa menjualnya malah membuat hobi yang seharusnya produktif tersebut menjadi konsumtif.

Untuk memanfaatkan drive berupa hobi tersebut, mengarahkannya sekaligus memfasilitasinya agar hobi-hobi ini bisa benar-benar menghasilkan manfaat berupa pekerjaan dan penghasilan bagi para pelakunya – bahkan juga bermanfaat bagi masyarakat luas – kami di Pesantren Wirausaha Daarul Muttaqiin – saat ini sedang menyiapkan suatu project yang intinya ingin mengkapitalisasi sumber daya yang namanya hobi ini.

Di dunia teknologi project ini akan masuk kategori bricks-and-clicks karena akan berada di dunia offline dan online yang saling menunjang. Ibu-ibu yang hobi masak, mendesign baju, membuat kue dan sejenisnya kemungkinan belum dengan serta merta akan dapat memanfaatkan teknologi clicks (internet) untuk me-monetize-kan karyanya. Maka untuk ini selain pembinaan untuk mereka, insyaAllah project ini akan menyediakan pasar fisiknya dalam satu dua bulan kedepan. Outletpertama di Wilayah Jabodetabek insyaallah sudah bisa beroperasi awal 2011.

Apa yang berbeda dari outlet ini dengan pasar/toko/ outlet pada umumnya ?. Di outlet ini kami akan menyediakan pembinaan untuk fine-tune hobi Anda agar lebih marketable, sekaligus memfasilitasi ‘pasar’ bagi karya Anda. Bagi yang membutuhkan pendanaan awal untuk realisasi ide-ide-nya-pun insyaallah bisa kami fasilitasi melalui program syirkah yang sudah kami perkenalkan pada tulisan sebelumnya. Tiga hal berupa pembinaan, pasar dan pendanaan inilah yang selama ini sering menjadi kendala terealisiasinya sebuah ide.

Dengan tiga hal tersebut pula kedepannya kami insyaAllah bisa bersinergi dengan berbagai asosiasi untuk mengembangkan hobi-hobi menjadi sumber kekuatan baru dalam peningkatan produktifitas di negeri ini. Misalnya Anda memilik club hobi bersepeda, tetapi selama ini sepeda-sepeda yang ada di pasaran terlalu umum dan Anda ingin bisa membuat sendiri sepeda-sepeda yang lebih customized; maka club Anda yang menaungi para peng-hobi sepeda ini bisa saja bersinergi dengan project ini untuk menyiapkan bengkel, supply suku cadang sampai produksi frame sepeda yang sangat ringan berbahan composit yang harganya sangat mahal bila harus impor misalnya.

Inti dari project ini adalah menyediakan ‘tempat’ berupa fisik – bricks  maupun maya –clicks dimana para pemilik hobi bisa bersinergi membangun collaborative innovation sehingga hobi-hobi mereka menjadi hobi-hobi yang produktif dan bermanfaat luas bagi masyarakat dalam bentuk kesempatan berusaha, kesempatan bekerja, peluang investasi dlsb.

Sipa tahu hobi kita juga berpotensi menjadi bisnis kita kedepannya, siapa tahu pula hobi kita menjadi wasilah dalam mendekatkan diri kepadaNya melalui penciptaan lapangan pekerjaan dan pengentasan kemiskinan. Alangkah indahnya bila setiap hari kita bergairah untuk bekerja keras karena pekerjaan tersebut memang hobi kita, alangkah indahnya pula bila pada akhir hayat kita bisa masuk kategori yang beristirahat dari memakmurkan bumi – bukannya sebaliknya – bumi yang kita tinggalkan sedang beristirahat dari kita...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar