Hikmah Dari Krisis …

Hikmah
“Sungguh menakjubkan urusan orang mukmin, sesungguhnya seluruh urusannnya baik baginya. Hal itu tidak akan dimiliki oleh seseorang, kecuali bagi seorang mukmin. Bila dia memperoleh kegembiraan, dia bersyukur dan itu adalah kebaikan baginya. Namun bila dia tertimpa penderitaan, dia sabar dan itu juga kebaikan baginya”. (HR. Muslim).

Hadits tersebut diatas adalah hiburan yang indah bagi kita yang ingin memperbaiki keimanan kita dari waktu ke waktu; bahkan ketika melihat krisis yang sangat besar dalam skala global sekalipun – kita masih bisa ‘menikmati’ krisis tersebut dengan mengambil berbagai hikmahnya.
Berikut adalah beberapa poin yang saya coba kumpulkan tentang ‘kenikmatan-kenikmatan’ yang timbul dari krisis ini :
1) Kita mendapatkan pelajaran yang nyata bahwa institusi ribawi – tidak peduli seberapa besarnya sekalipun  memang bisa hancur seperti janji Allah (QS 2:275-279).
2) Krisis finansial yang menghantam perbankan, asuransi, pasar modal dan sector finansial lain telah mendorong orang untuk paham akan betapa pentingnya sector riil.
3) Krisis telah menghancurkan kesombongan kapitalisme yang mengagungkan modal, system dan hukum buatan manusia. Hukum Allah-lah yang akhirnya akan berjaya, bukan hukum toghut buatan manusia.
4) Dalam krisis ternyata kemaksiatan berkurang; pesta hura-hura di hotel, nightclub dlsb di seluruh dunia menjadi sepi pengunjung.
5) Harga-harga kebutuhan manusia banyak yang dibanting. Produk apa saja secara global saat ini tersedia dalam harga discount. Bukankah ini baik untuk mayoritas kita ?.
6) Otoritas-otoritas ribawi (mudah-mudahan) menjadi sadar bahwa mereka tidak bisa lagi mempermainkan nilai uang masyarakat melalui pengendalian suku bunga (riba). Permainan suku bunga ternyata tidak bisa membebaskan kita dari krisis.
7) Selama krisis orang mengurangi makan berlebihan di restoran-restoran mahal, selain mengurangi pemborosan – hal ini juga cenderung menjadikan hidup  lebih sehat.
8) Karena krisis global bermula dari krisis property (perumahan) dan industri finansial, kini mulai tumbuh gejala di seluruh dunia orang melirik green investmenteco-farming dlsb yang akan membawa kearah bumi yang lebih hijau.
9) Masyarakat yang cerdas akan mulai kritis terhadap keputusan-keputusan pemerintah mana yang akan membawa kebaikan, dan mana yang mendatangkan bencana. Hal ini akan meningkatkan kontrol terhadap para pengambil keputusan.
10) Tanpa sadar masyarakat dunia sekarang menjadi tahu siapa kambing hitam dari semua penderitaan ini; kalau di Amerika ya pemerintahan yang lama dibawah George Bush, di Inggris Gordon Brown; di negeri lain Anda sendiri yang meneruskan…
11) Selama krisis penggunaan energi menurun; semoga anak cucu kita masih mendapatkan jatah energynya secara cukup…
12) Orang sadar akan perlunya perdagangan dunia yang lebih adil; ternyata orang tidak bisa terlalu pelit dan juga tidak terlalu boros
Khusus dalam hal pengenalan dan penyebar luasan Dinar, Alhamdulillah dengan krisis orang menjadi sadar betapa benarnya mata uang yang lebih adil dan terbukti bebas inflasi  lebih dari 1400 tahun ini, Alhamdulillah….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar