Tips Mengantisipasi Masa Depan Anda

Kita semua tentu mengiginkan masa depan yang lebih baik untuk diri kita dan anak cucu serta saudara-saudara kita. Berikut tip sederhana dari pendiri Gerai Dinar.


  1. Secara bertahap lindungi hasil jerih payah Anda dari risiko finansial inflasi dalam bentuk benda riil yang daya belinya bertahan, misalnya, emas/dinar, sawah, pohon, dan ternak.
  2. Jangan terlalu mengandalkan dana pensiun karena kemungkinan besar tidak akan cukup untuk menopang hari tua Anda. Menabung dalam benda riil tetap Anda perlukan.
  3. Bila perusahaan/pengelola mengizinkan Anda mengelola dana pensiun Anda sendiri, ambil program ini dan kelola sendiri di sektor riil. Bila belum mampu mengelola sendiri, cari mitra yang bisa mengelolanya sambil Anda belajar sektor-sektor usaha yang menjadi minat Anda.
  4. Perbanyak Investasi pada diri Anda sendiri sedari muda! Ikuti pelatihan-pelatihan bidang usaha yang menjadi minat Anda. Perbanyak belajar berusaha!
  5. Perbanyak investasi pada orang-orang di sekitar Anda dengan mendidik mereka dan membimbingnya. Mereka inilah yang akan menjalankan dan meneruskan usaha kita setelah kita lanjut dimakan usia.
(Muhaimin Iqbal dalam "Dinarnomics")