BeyBus Challenge : Who Want To Be The Boss…?

Oleh: Muhaimin Iqbal
Selasa, 31 Januari 2012

Sekian tahun mengadakan pelatihan kewirausahaan, harus saya akui tidak mudah untuk men-transformasi-kan orang-orang yang biasa bekerja di comfort zone-nya di perusahaan-perusahaan besar atau instansi untuk kemudian terjun ke lapangan memulai segalanya dari nol. Dari diskusi saya dengan mereka-mereka ini, saya simpulkan ada dua yang mengemuka jadi hurdle (rintangan) utama yaitu ketakutan menghadapi risiko dan kendala modal. Sekarang saya akan mencoba pendekatan lain, bagaimana kalau risiko itu di share dan modal saya yang akan mencarikannya – apakah Anda masih takut untuk terjun ?.


Bentuk sharing resiko antara Anda dan saya adalah Anda menyediakan waktu dan komitmen penuh, karena Anda akan menjadi boss dari usaha yang akan kita mulai bersama. Anda sebagai mudharib, saya mewakili shahibul mal-nya. Bila usaha berhasil, hasil kita bagi dengan persentase yang disepakati antara Anda dan team Anda dengan saya dan jaringan kelompok penyedia modalnya. Risiko Anda kalau gagal adalah kehilangan waktu, risiko saya kalau gagal saya kehilangan modalnya.

Untuk mengurangi resiko ini, usaha-usaha yang saya tawarkan adalah usaha-usaha yang bisa bersinergi dengan kelompok usaha yang kini sudah bergabung dalam BeyBus, dan usaha-usaha yang sudah kita kaji peluangnya. Saya atau team saya akan memberikan pendampingan, tetapi Anda dan team Anda yang sepenuhnya melaksanakannya.

Berikut adalah tiga usaha yang siap saya tawarkan ke Anda yang memiliki passion & patientuntuk mulai usaha dengan risiko yang sudah di minimize dan Anda bisa bener-bener mulai tanpa modal sendiri !. Tabungan Anda dapat Anda pakai untuk kebutuhan Anda dan keluarga sebelum usaha ini membuahkan hasil.

1). Café Alfaafa @Bazaar Madinah

Yang saya sediakan adalah : tempat usaha di Bazaar Madinah, menu-menu yang sudah disiapkan oleh chef yang sudah saya hire khusus untuk ini meliputi sate kambing, gule balung, sop kambing, alfaafa juice , alfaafa smoothies, alfaafa pudding, Alfaafa vegetarian burger  dlsb. Saya juga akan menyediakan peralatan yang dibutuhkan dan modal kerja secukupnya.

Yang saya butuhkan dari Anda adalah : komitmen, passion & patient Anda untuk terjun di bisnis kuliner – tidak bisa disambi. Anda juga harus menyusun team yang bisa kerjasama dengan Anda termasuk tenaga juru masak dan pramusaji-nya. Pelatihan terhadap juru masak dan pramusaji akan diberikan oleh chef yang saya sediakan. Anda tidak bergaji karena akan berbagi hasil secara penuh dengan saya, tetapi team Anda bisa memilih untuk digaji, bagi hasil atau kombinasi keduanya.

Tugas Anda menyiapkan Café Alfaafa ini dari A sampai Z, mulai dari memikirkan efisiensi tenaga, menu unggulan , pemasaran, operasi, Quaity Control dlsb.dlsb. Latar belakang dibidang kuliner akan membantu tetapi bukan suatu keharusan.

2) Warung Alfaafa di Tapos – Depok

Mirip dengan Café Alfaafa tetapi dengan skala yang lebih kecil, pembagian tugas dan kontribusinya juga sama hanya skala saja yang berbeda.

Lokasi yang saya sediakan adalah di Km 1  , jalan raya Cimanggis – Cibinong (1 km dari pintu tol Cimanggis).

3) Woodball Club House & Restaurant @Jonggol Farm

Yang saya sediakan : lapangan woodball permanent pertama di jabodetabek beserta club house-nya yang unique dari pohon kelapa, berbagai menu restaurant dengan bahan baku dari Jonggol Farm  meliputi kambing, susu kambing  , alfaafa, jamur dlsb. Menu-menu pilihan dari bahan-bahan ini sudah di kembangkan oleh chef kita,  saya juga menyediakan peralatan dan modal kerja secukupnya.


Yang saya butuhkan dari Anda : komitment, passion & patient Anda untuk exercise sesuatu yang sama sekali baru – tidak bisa disambi. Anda juga harus menyusun team yang diperlukan untuk ini. Andapun tidak bergaji karena akan berbagi hasil secara penuh dengan saya, tetapi team Anda bisa memilih untuk digaji, bagi hasil atau kombinasi keduanya.

Tugas Anda : menyiapkan operasi dan launching woodball club house & restaurant ini, mempromosikannya sebagai family sport, motivational sport atau menjadi bagian/synergy dengan para penyelenggara training motivasi, outbound dan sejenisnya. Latar belakang dievent organizer akan membantu tetapi tidak menjadi keharusan.

Apa yang diperlukan bila Anda tertarik ?.

Silahkan menulis satu atau dua halaman visi Anda tentang salah satu dari tiga prospek usaha tersebut diatas, di sertai profile (CV) dari team Anda dan di kirim via email kemuhaimin.iqbal@beybus.com .  

Sejumlah kecil team yang memenuhi syarat akan saya undang untuk brainstorming sekaligus mengunjungi lokasi. Team yang memiliki kesamaan/kemiripan visi, commitment, passion & patient dengan kami yang akan kami pilih sebagai mitra dan sebagai our business leader/suntuk unit-unit business di atas.

Maka bila Anda ingin menjadi Boss bagi diri Anda sendiri, insyaAllah inilah kesempatan emas itu…! saya tunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar