Dengan Dinar Kita Bisa Beli Saham Perusahaan Lebih Banyak...

dgr
Dalam blog saya yang lama www.geraidinar.com/old.php beberapa kali sepanjang tahun lalu saya menulis tentang Dow Gold Ratio (DGR) yang mengungkapkan perbandingan antara Dow Jones Insustrial Average dengan harga emas dunia dalam US$/oz.

Secara real-time DGR ini kita sajikan sebagai salah satu indicator di dashboard GeraiDinar.com. Saya sempatkan menengok ke dashboard tersebut pada saat menulis artikel ini dan nampak DGR berada pada angka 8.77.
Apa artinya angka ini ?, saat ini saham-saham di seluruh dunia menjadi sangat-sangat murah bila dibeli dengan emas atau Dinar kita. Bayangkan sepuluh tahun lalu DGR ini menunjukkan angka di kisaran 42.5.
Jadi secara rata-rata dengan uang Dinar yang sama Anda dapat membeli saham 4 - 5 kali lebih banyak sekarang dibandingkan dengan saham yang sama tahun 1999. Lantas sekarang apakah waktu yang baik untuk membeli saham karena harganya murah ?. Tidak juga, karena lihat trend sepuluh tahun dari grafik tersebut diatas - DGR masih terus menurun secara tajam.
Namun kalau Anda tahu ada perusahaan yang sangat baik deangan asset riil yang kokoh - bisa saja Anda membeli saham perusahaan tersebut sekarang. Namun saran saya jangan spekulatif, kalau uang Anda banyak - beli perusahaan yang baik dengan serius sehingga Anda bisa terus mengembangkannya - mumpung harganya lagi murah.
Bila uang Anda tidak banyak dan tidak mungkin bisa secara efektif ikut mengendalikan perusahaan yang Anda beli, saya tetap tidak menyarankan Anda membelinya sekarang. Grafik tersebut terlalu jelas untuk diabaikan para investor saham yang berpengalaman sekalipun. Wallhu A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar