Check List Untuk Orang Bejo

Selas, 12 Agustus 2014
Oleh: Muhaimin iqbal
Alangkah enaknya menjadi orang bejo, bila berusaha dia berhasil, bila berdagang dia beruntung, bila berkompetisi dia menang dan bila mati dia masuk surga. Tetapi untuk menjadi orang bejo tidak semudah orang minum jamu - sekali minum terus langsung ada hasilnya. Bejo bila dicari padanan bahasa arabnya yang paling mendekati adalah falah  yang berarti succeed , berhasil atau beruntung – akar kata yang sama juga berarti bertani, mengolah tanah atau bercocok tanam. Maka untuk mencapai falah orang perlu menanam berbagai kebaikan, memelihara, merawat dan melakukan perbaikan terus menerus hingga akhir usia mendatanginya.


Falah memiliki dimensi yang jauh lebih luas dari istilah dalam bahasa jawa yang disebut bejo tersebut. Dia menyangkut keberhasilan material dan juga spiritual, kehidupan dunia maupun sesudahnya, menyangkut micro-individu dan juga macro - sosial. Maka khusus dalam tulisan ini bejo saya maknai secara lebih luas – tidak terbatas bejonya orang jawa – tetapi bermakna falah.

Dalam tataran individu falah berarti tercapainya kebutuhan dasar, kemerdekaan dan kesempatan untuk berkarya menggapai pencapaian material dan spiritual, dunia dan akhirat. Dalam tataran sosial adalah tercapainya masyarakat yang berkeadilan,  kesesuaian hak dan kewajiban serta kesamaan akses untuk menggapai kemajuan di segala bidang material maupun spiritual.

Lantas bagaimana jalan untuk menjadi orang bejo atau dalam arti yang lebih luas mencapai falah tersebut ? Berikut adalah check list untuk do and don’t-nya – sekedar alat untuk memudahkan kita dalam melakukan muhasabah – seberapa jauh atau seberapa dekatnya kita dengan prasyarat yang dibutuhkan untuk menjadi orang bejo dunia akhirat tersebut.  Saya sertakan juga referensi ayat-ayat Al-Qur’annya untuk memudahkan pembaca mentadaburi-nya lebih lanjut.

Check List Untuk Orang Bejo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar