I’tikaf Ramadhan 1433 H : Merespon Al-Qur’an, Memakmurkan Bumi…

Oleh: Muhaimin Iqbal
Jum'at, 20 Juli 2012

Alhamdulillah kita semua diberi kesempatan olehNya untuk dapat menikmati bulan Ramadhan 1433 H ini, bulan yang penuh berkah – bulan diturunkannya Al-Qur’an dan bulan dimana di antara malam-malamnya ada satu malam yang nilainya lebih dari seribu bulan. Di bulan ini pula orang berlomba mengejar kebaikan dengan berbagai amalan Ramadhan berupa puasa, tarawih, membaca dan mentadaburi Al-Qur’an, bersedekah, i’tikaf dlsb. Terkait amalan Ramadhan yang terakhir berupa i’tikaf inilah kami ingin mengundang Anda untuk terlibat di dalamnya


Ketika Ramadhan tahun lalu 1432 H sekitar 60-an orang dari berbagai bidang i’tikaf bersama di Masjid Daarul Muttaqiin – Jonggol, hasilnya yang kasat mata antara lain adalah berhasil ditanamnya tanaman Alfaafa – di sejumlah tempat di Indonesia, bahkan dari tanaman tersebut kini mulai dikembangkan untuk pakan, pangan, pupuk, land recovery danenergy.

Maka melalui Ramadhan 1433 H tahun ini , bersama-sama dengan Anda semua kami ingin mentadaburi dan merespon lebih banyak lagi ayat-ayat Al-Quran, dan membangun strategy implementasinya  untuk memakmurkan bumi.

Yang unique dalam program i’tikaf di Daarul Muttaqiin – Jonggol adalah selain kegiatan i’tikaf pada umumnya – ada waktu sekitar 2 jam setiap hari yaitu antara pukul 10.00 – 12.00 siang yang insyaallah kami isi dengan materi khusus berupa seluk beluk entrepreneurship dan aplikasinya di lapangan. Dalam materi inilah strategy-strategy untuk memakmurkan bumi yang diamanahkan ke kita ini kita bangun dan diskusikan.

Namun karena keterbatasan sumber daya yang ada di lokasi seperti air, kamar mandi dlsb; maka kami batasi maksimal hanya 100 orang yang akan ikut program i’tikaf ini. Yang sudah mendaftar lebih dahulu sebelum pengumuman ini, semua nama Anda sudah kami catat dan silahkan bergabung – anggap pengumuman ini sebagai undangannya.

Bagi (calon) peserta yang mendaftar setelah pengumuman ini, insyaallah akan kami konfirmasi satu per satu tergantung ketersediaan tempat.

Program i’tikaf ini intinya gratis – tidak dipungut biaya apapun. Panitia akan menyediakan konsumsi secukupnya untuk berbuka puasa dan sahur. Meskipun demikian bila ada peserta ataupun bukan peserta yang ingin mengejar kebaikan dengan berbagi buka puasa bagi sesamanya – kami sarankan mentransfernya ke Kop.BMT. Daarul Muttaqiin di Bank Syariah Mandiri no a/c  172 000 8685 dengan memberi keterangan “sumbangan buka puasa”.

Bagi peserta dianjurkan untuk mempersiapkan sendiri keperluan pribadinya – termasuk diantaranya sleeping bag dlsb. karena suasana masjid yang terbuka.

I’tikaf dimulai pada hari Rabu 8 Agustus 2012 (20 Ramadhan 1433) dan diakhiri pada hari Sabtu 18 Agustus 2012 (30 Ramadhan 1433 H). Peserta yang sudah terdaftar bila karena satu dan lain hal tidak bisa mengikuti I’tikaf secara penuh diminta memberi tahukan ke kami – agar bisa di kelola secara efektif kebutuhan berbuka puasa , sahur dlsb.

Untuk mendaftar cukup mengirimkan CV untuk data base kami (bila belum pernah mengirimkannya ke kami) dan dikirimkan ke Iqbal@geraidinar.com. Bagi yang belum tahu lokasinya dapat melihat peta diwww.jonggolfarm.com/JF.jpg


Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita, menerima puasa kita, infaq dan sedekah kita dan menjadikan kita orang-orang yang kembali suci, orang-orang yang lebih baik, orang-orang berkwalitas khalifah yang mampu memakmurkan bumi. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar