Qurban Dimana Tahun Ini…?

Selasa, 1 Oktober 2013
Oleh: Muhaimin Iqbal
Sekitar dua pekan lagi kita akan merayakan Iedul Adha 1434. Salah satu bentuk ibadah yang sangat penting terkait dengan Iedul Adha ini adalah syariat berqurban. Bagi yang mampu pertanyaannya sudah bukan ber-qurban atau tidak, tetapi berqurban berapa, dimana, apa , seberapa besar dlsb. Di sekitar kita mungkin sudah banyak yang menunggu daging qurban kita, tetapi demikian pula di tempat-tempat yang jauh yang mengharapkan daging qurban dari kita.


Bagi Anda yang masih bingung menyalurkan qurban kemana tahun ini, ada dua penyaluran qurban yang kami bisa rekomendasikan.

Pertama adalah melalui UrbanQurban (www.urbanqurban.com) yang dikelola oleh sejumlah anak muda kreatif Jakarta dan sekitarnya. Mereka menyalurkan daging qurban-nya untuk kelompok marginal yang selama ini kurang ada yang memikirkan, seperti desa penderita kusta, tukang sapu jalanan dlsb.dlsb.

Tahun ini adalah tahun kedua team pemuda kreatif tersebut menyalurkan qurban, bahkan mereka juga mengembangkan aplikasi Android yang dapat di download di google playstore untuk edukasi tentang qurban, aqiqah dan beternak kambing/domba pada umumnya. Menarik kreatifitas anak muda ini, serhingga menurut saya layak didukung.

Kedua adalah saudara-saudara kita yang jauh di Palestina, Suriah dan pengungsi-pengungsi mereka. Sejak tahun lalu mereka juga telah ikut mendapatkan daging qurban dari umat muslim di negeri ini. Kondisi mereka sekarang lebih buruk lagi karena kedhaliman pemerintahnya dan pemerintah-pemerintah yang ikut menutup akses mereka dari dunia luar.

Untuk penyaluran qurban ke Palestina dan Suriah ini, yang bisa kami rekomendasikan adalah Sahabat Al-Aqsha (www.sahabatalaqsha.com). Kami yakin mereka bisa menyalurkan daging qurban ini untuk bener-bener sampai ke saudara-saudara kita di Gaza khususnya dan di Suriah, meskipun rezim-rezim yang dhalim mengepung mereka.

Mungkin masih timbul pertanyaan, di sekitar kita sendiri banyak yang mengharapkan daging qurban, mengapa kita berqurban di tempat yang jauh ? penting mana berqurban di sekitar kita atau di tempat-tempat yang jauh seperti Gaza dan Suriah ini misalnya ?

Jawabannya adalah “DAN” bukan “ATAU” ! kita memikirkan orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita DAN juga saudara-saudara kita yang nun jauh disana.

"Perumpamaan orang muslim dalam cinta-mencintai, kasih-mengasihi dan sayang menyayangi adalah laksana satu tubuh. Jika salah satu anggotanya sakit, maka seluruh tubuhnya akan merasakan demam (sakit)." (Hadits Muttafakun 'Alaih)

Kalau kita tidak bisa merasakan penderitaan yang mereka sedang rasakan – jangan-jangan kita sudah tidak berada di tubuh (muslim) yang satu itu ? lantas kita ada di tubuh yang mana kalau demikian ?

Maka untuk tetap berada satu tubuh dengan seluruh saudara-saudara muslim kita di seluruh dunia, kesempatan berqurban inilah waktunya kita untuk menjalin kembali bagian-bagian tubuh yang bisa jadi sudah sempat bercerai berai itu.

Silahkan bagi yang berminat untuk berqurban melalui dua jalur yang kami rekomendasikan tersebut, menghubungi langsung kontak-kontak mereka di website mereka www.urbanqurban.com dan www.sahabatalaqsha.com.

Bagi yang ingin berqurban dengan Dinar-nya insyaAllah bisa kami bantu arrangement-nya, rata-rata harga kambing mereka yang di Indonesia dan bahkan juga di Suriah adalah kurang dari 1 Dinar, ini sekaligus membuktikan keperkasaan uang Dinar setelah 1434 tahun !. Yang di Gaza lebih mahal karena faktor blockade sehingga perlu perjuangan tersendiri untuk mengirimkan kambing kesana.

Semoga Allah menerima qurban kita semua tahun ini, sekaligus mengeratkan persaudaraan kita dengan saudara-saudara yang jauh yang kini terabaikan atau bahkan terdzalimi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar