Oleh: Muhaimin Iqbal
Bila selama ini di pagi hari Anda dibangunkan oleh alarm HP Anda, itu biasa karena Anda telah set alarm tersebut untuk bunyi pada jam tertentu. Bila di siang hari reminder telephone Anda berbunyi lagi, itu juga biasa karena reminder-nya Anda set untuk mengingatkan Anda pada event tertentu. Tidak lama lagi Anda akan bisa dibangunkan oleh HP Anda tanpa Anda perlu men-set alarm-nya, dan diingatkan oleh handphone Anda juga tanpa Anda perlu set sebelumnya reminder HP Anda tersebut – dan lebih jauh dari itu.
Saya tidak akan heran bila dalam waktu yang tidak terlalu lama, akan ada fitur proactive dialog di smart phone kita – bila produsen perangkat keras HP-HP tersebut tidak membuatnya, team application developer seperti yang kita punya di Badr Interactive insyaAllah sudah akan mampu mengembangkannya.
Dengan fitur proactive dialog ini, bayangkan scenario dialog antara Anda dan HP Anda berikut ini bisa sangat mungkin terjadi :
“Jam
3 pagi dengan suara lembut HP Anda menyapa, dengan menyebut nama Anda
dia menanyakan apakah Anda hendak melakukan sholat malam ? Anda cukup
menjawab Iya atau Tidak. Menjelang subuh HP Anda sudah tahu apakah Anda
sudah bangun atau masih tidur, bila masih tidur dia akan membangunkan
lagi Anda.
Setelah
Anda sarapan dan masuk mobil, HP Anda menawari lagi ke Anda apakah Anda
perlu diberikan briefing of the day ? Bila Anda setuju, maka HP Anda
akan mulai memberi Anda briefing – seperti Anda mendengarkan radio di
mobil.
Isi briefingnya bisa sangat natural sehingga Anda seperti bicara dengan pasangan hidup Anda. Dia
akan memberi pesan dalam perjalanan menuju ke kantor, drop dulu Anak
Anda di sekolahnya. Usahakan bisa say hello kepada guru kelas dan
memberi saran agar teman Anak Anda yang bernama fulanah disuruh
istirahat dan tidak dicampur dengan teman-temannya, karena dia sakit dan
bisa menulari teman sekelasnya.
Dalam
perjalanan ke kantor HP Anda mengingatkan jangan lewat jalan tertentu
karena macet parah. Begitu sampai ke kantor, dia mengingatkan lagi untuk
Anda segera mempelajari case Anda dengan klien XYZ – yang manager nya
akan menemui Anda siang ini dengan marah.
Menjelang
makan siang, HP Anda menyarankan restoran tertentu untuk makan Anda
hari itu disertai alasannya. HP Anda juga mengingatkan Anda untuk tidak
makan siang dengan sekretaris Anda karena itu akan menjadi musibah bagi
keluarga dan karir Anda.
Dalam
perjalanan pulang, HP Anda mengingatkan lagi jalan-jalan tertentu yang
harus dilewati untuk hari itu. Mengingatkan Anda untuk mampir di
swalayan tertentu karena stock kebutuhan di rumah Anda habis. HP Anda
juga mengingatkan untuk mampir sholat magrib di masjid tertentu.
Sesampai
di rumah, HP Anda memberi tahu untuk memberi ucapan selamat ke Anak
Anda yang nilai matematikanya 10 di sekolah pagi tadi. Menyampaikan
simpati Anda ke istri Anda yang saudaranya kena musibah.
Menjelang
tidur HP Anda mengingatkan lagi agar Anda tidak mengganggu istri Anda
malam itu karena dia sedang tidak mood. Dan besuk pagi ketika Anda
bangun isi briefingnya sama sekali berbeda.”
Mungkin
Anda penasaran, bagaimana HP bisa secerdas itu ? jawabannya adalah Big
Data ! Di era over information sekarang ini semua yang kita lakukan
tercatat dalam data elektronis somewhere, bisa oleh kita sendiri atau
oleh orang lain yang meng-inputnya.
HP Anda bisa membangunkan Anda jam 3 pagi bukan karena alarm di-set,
tetapi dia membaca kebiasaan Anda. Bangun tidur jam berapa saja, Anda
akan membuka HP dahulu – maka data inilah yang direcord – dan dalam
record tersebut HP Anda tahu kebiasaan Anda yang membuka (kembali) HP
Anda di kisaran jam 3 pagi.
Kemudian
menjelang subuh HP Anda tahu Anda masih tidur atau sudah bangun dari
aktivitas yang Anda lakukan, jaman ini ketika Anda terbangun hampir
pasti berinteraksi dengan salah satu alat seperti HP, computer atau
bahkan televisi dlsb. Ketika tidak ada interaksi , maka HP Anda tahu
bahwa Anda masih tidur.
Mampir
di sekolah Anak Anda, HP memberi saran untuk menemui guru dan
mengingatkan agar fulanah tidak digabung dengan anak lain, dari mana HP
Anda tahu ? dia membaca informasi di social media
– di network Anda, istri Anda dan anak Anda – maka akan ketemu
informasi tentang fulanah yang lagi sakit, apa penyakitnya dan peluang
penularannya.
Di
kantor bagaimana HP Anda tahu bahwa hari itu akan ada klien yang
marah-marah ? ya dari korespondensi email Anda dengan klien tersebut
pada hari-hari sebelumnya. Dari komuniaski email ini beserta tone dari kalimat-kalimatnya, HP Anda tahu bahwa yang datang hari ini adalah klien yang marah !
Bagaimana
pula HP Anda bisa mengingatkan Anda untuk tidak makan siang dengan
sektretaris Anda ? karena dia merecord komunikasi Anda dengan sekretaris
Anda selama ini, dari sisi frekwensi komunikasi dan dari sisi sensitivity kata-kata yang Anda gunakan.
HP
Anda bahkan bisa meng-ekstrak komunikasi di social media antara
karyawan-karyawan di kantor Anda, sehingga dia bisa tahu gossip apa yang
sedang berkembang. HP Anda bisa menangkap kegalauan istri Anda dari
curhat dia dengan teman-teman dekatnya, dst.
Inilah
era Big Data itu, hidup kita seperti telanjang – dan terbaca secara
transparan – tanpa kita sadari. Bahkan kalau toh kita sendiri tidak
berinteraksi dengan HP maupun internet, teman-teman dekat kita yang
membicarakan kita di sosmed – membuat data kita terekspose juga.
Maka Big Data ini akan menjadi ancaman serius bagi pribadi maupun perusahaan yang mengabaikannya. Perusahaan Anda bisa telanjang dihadapan pesaing Anda tanpa Anda sadari.
Sebaliknya bagi Anda yang aware
masalah ini, proaktif memanfaatkannya – ada peluang yang sangat besar
terkait dengan Big Data ini, dan ini bukan lagi fiksi ilmiah – ini sudah
benar-benar ada di sekitar kita, tinggal menunggu siapa yang duluan figure it out !
Saya
ambil contoh Big Data Project yang sedang kami rintis. Pada umumnya
perusahaan farmasi yang memproduksi obat, dia akan melakukan berbagai
riset yang sangat mahal untuk memformulasikan obat tersebut dan
khasiatnya untuk penyakit-penyakit tertentu. Dari sinilah mengapa pada
umumnya obat dijual sangat mahal.
Dengan teknologi Big Data – riset yang sangat mahal tersebut bisa di-bypass ! bukannya riset tidak dilakukan lagi, tetapi di luar sana – somewhere, somehow
– riset sangat bisa jadi telah dilakukan oleh sekian banyak orang lain –
kita tinggal mengambil dan menganalisa hasilnya saja secara gratis dan
legal pula.
Obat
akan menjadi sangat murah karena tidak harus lagi riset yang sama
diulang-ulang oleh berbagi pihak yang berbeda. Khasiat obat juga menjadi
lebih objective, karena yang melakukan riset dan menyatakan khasiat
tersebut bukan pabrik obat yang bersangkuan, tetapi ribuan orang atau
lembaga lain di luar pabrik obat tersebut.
Contoh
pengolahan Big Data untuk ekstrak daun zaitun dan ekstrak buah delima
misalnya sudah dapat Anda saksikan di situs percobaan kami di www.olea.id . Lantas
bedanya apa situs big data semacam ini dengan situs-situs lainnya ?
Coba Anda klik sambil digeser di salah satu bulatan yang disajikan
secara dinamis di situs tersebut, Anda akan mulai merasakan bedanya !
Bayangkan kalau Anda mencari sesuatu di internet dengan menggunakan search engine pada
umumnya, dengan keyword apapun informasi yang disajikan akan sangat
terlalu banyak – dan kebanyakannya tidak relevan dengan yang Anda cari, search engine
ibaratnya memberi Anda hutan – yang setengah mati Anda harus
memetaninya sendiri mana-mana kayu yang bermanfaat dan mana yang tidak.
Pekerjaan
metani hutan tersebutlah yang antara lain bisa dilakukan oleh teknologi
Big Data ini. Team developer kami cukup mengembangkan pola berfikir
yang kemudian ‘diajarkan’ ke computer untuk melakukan tugas ekstraksi
informasi ini dan itu, maka dia akan bekerja tanpa istirahat dan tanpa
hari libur (24/7/365) – hasilnya adalah informasi yang telah tersaring
sesuai kebutuhan kita.
Namanya
juga buatan manusia, tentu kecerdasan computer ini tidak secanggih
kecerdasan karya Sang Maha Pencipta – yaitu otak kita – maka dari waktu
ke waktu artificial intelligent tersebut harus terus disempurnakan – agar bermanfaat untuk kehidupan manusia secara optimal.
Vision and Opportunities Sharing untuk teknologi Big Data ini akan kami buka untuk umum pada acara soft launching OLEA.id yang insyaAllah akan kami adakan di Startup Center – Jl. Juanda 43 Depok, pada hari Sabtu 4 April 2015 , jam 09.00 – 12.00 . Karena
ruangan di kantor kami yang terbatas – hanya cukup untuk 100-an orang ,
dan tempat parkir yang juga terbatas – hanya sekitar 50-an mobil, yang
lebih dahulu mendaftar diprioritaskan. InsyaAllah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar