Ketika G 20 Berwacana, China Sudah Bergerak…

China
Kemarin saya menulis panjang lebar tentang G-20 dan wacana Bretton Woods II – nya. Dalam skala negara sebenarnya ada yang jauh lebih cerdik dan cekatan meresponse krisis finansial global ini ketimbang G-20 yaitu China.


Ketika pertemuan-pertemuan G-20 sedang berjalan; China sudah bergerak duluan ngumpulin emas dunia. Bahkan menurut The Economic Times yang softcopy artikelnya dikirimkan oleh pembaca situs ini di Brunei, China sedang ber-ancang-ancang untuk meningkatkan cadangan emasnya sampai 7 kali dari cadangan emas mereka yang sekarang.

Cadangan emas mereka yang sekarang berada pada kisaran 600-an ton akan ditingkatkan menjadi 4,000 ton. Apabila ini terjadi maka cadangan emas China akan lebih besar dibandingkan cadangan emas-nya IMF; dan 3 kali lebih banyak dari cadangan emas seluruh negara berpenduduk mayoritas muslim digabung.
 adangan emas ini juga akan menjadi dua kali lebih besar dari cadangan emas seluruh Asia diluar China apabila digabung. Lihat grafik disamping.

China sangat mampu melakukan ini karena cadangan devisa yang mereka miliki saat ini adalah terbesar US$ 1.9 trilyun.

Apa dampaknya ini pada harga emas dunia ? Bisa sangat berarti. Dugaan saya gejolak harga emas dunia yang mulai menanjak sejak pekan lalu antara lain juga didorong oleh issue ini.

Kenaikan demand dari China ini saja akan dapat menyerap keseluruhan produksi emas dunia dalam satu tahun !.

Jadi berbahagia-lah yang sudah mulai berinvestasi Dinar; Investasi Anda yang naik 40 % setahun terakhir (indikator yang ada di dashboard geraidinar.com pada saat artikel ini saya tulis) – akan menemukan rocket fuel baru untuk melambungannya lebih tinggi lagi kedepan. Wallhu A’lam.

Disclaimer :

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun  yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar