Ketika Mereka Ragu Dengan Uangnya...

Rabu, 03 December 2008
Oleh : Muhaimin Iqbal
Kalau yang ragu tentang sistem uang fiat ini adalah orang kebanyakan seperti kita, mungkin ini tidak terlalu masalah.  Tetapi bagaimana kalau yang ragu ini adalah anggota Kongres dari suatu negara yang mengaku dirinya Adi Kuasa ? - ini seharusnya menjadi perhatian yang serius bagi siapapun yang concern terhadap uang mereka.

Karaguan ini nampak jelas sekali terungkap dalam  perdebatan antara Ben Bernanke – US Federal Reserve Chairman dan Ron Paul - Republican lewat klip video 5 menit yang kita dapat saksikan langsung di YouTube (http://www.youtube.com/watch?v=tWk4SSeF1NM).
Rekaman Video ini nampaknya diambil dari rapat resmi di Konggres sekitar dua pekan lalu.
Berikut adalah inti dari keraguan mereka yang saya terjemahkan bebas dari video klip tersebut :
 Selama ini mereka telah mengeluarkan begitu banyak dana dan energy untuk menyelamatkan system uang kertas yang sebenarnya sudah tidak berjalan sebagaimana mestinya.
·       Mereka telah gagal untuk menyadari bahwa  system keuangan mereka sebenarnya sudah tidak workable. US$ telah mati. !.
·       Akar permasalahan yang sudah dimulai sejak 1971 (ketika Bretton Wood Agreement diingkari) tidak bisa disembuhkan hanya dengan intervensi pasar.
·       Mereka menyadari bahwa dunia sudah mulai membicarakan untuk mengganti US$ sebagi international reserve  dengan New international reserve currency, namun mereka belum tahu apa bentuknya.
·       Ron Paul mempertanyakan ke Ben Bernanke , apakah Emas sudah mulai disebut-sebut sebagai pengganti reserve currency  dalam pembicaraan-pembicaraan para Bank Sentral Dunia – dimana Amerika terlibat di dalamnya.
·       Menurut Ron Paul pula, bahwa solusi dari krisis ini adalah kembali ke currency yang istilah dia memiliki integrity,  bukan sekedar fiat money.
Pernyataan-pernyataan Ron Paul tersebut khususnya pernyataan bahwa US$ telah mati, tentu saja dibantah oleh Ben Bernanke dengan argumen US$ yang nyatanya bernilai tinggi sekarang.
Kalau Anda memiliki bandwidth cukup untuk menyaksikan perdebatan mereka secara langsung;  Anda dapat memnyimpulkan sendiri siapa diantara mereka yang benar dan berkata jujur – dan siapa yang lagi berbohong; dari mimik wajah mereka hal ini nampak jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar