Oleh: Gerai Dinar Malang
Ada fenomena menarik di jaman ini yang tidak dimiliki oleh jaman-jaman sebelumnya, yaitu terdapatnya data elektronis yang bisa diakses oleh siapa saja untuk bidang apa saja dan kapan saja. Data tersebut bukan hanya data statis yang menggambarkan kondisinya pada saat tertentu, tetapi juga pergerakannya dari waktu ke waktu yang membentuk trend. Anda bisa gunakan trend ini sebagai bahan pendamping keputusan Anda dalam bidang apapun mulai dari politik, makanan sampai investasi.
Salah
satu akses data yang gratis dan bisa langsung kita gunakan adalah data
trend yang disajikan oleh Google. Menariknya ketika saya coba test data
trendnya Google ini untuk empat urusan yaitu Agama, Politik, Makanan dan
Investasi - mayoritas Anda kemungkinannya akan setuju dengan pilihannya
Mbah Google ini.
Mungkin
ini tidak terbayang oleh pengembang Google sendiri. Ketika mereka
mengembangkan system pencari, ternyata mayoritas pencarian agama di
systemnya adalah mencari Islam.
Untuk Presiden Indonesia 2014 adalah Jokowi !
Bila
popularitas yang menjadi rujukan, maka Jokowi memiliki peluang terbaik
untuk menjadi presiden Indonesia 2014. Popularitasnya hanya dapat
disaingi oleh Rhoma Irama sehingga tidak mengherankan ada partai politik
yang berani menjagokan Rhoma Irama.
Untuk Trend Makanan Adalah BBQ !
Trend
untuk makanan dunia ternyata yang paling populer dan paling banyak
dicari adalah BBQ. Dia hanya tersaingi oleh makanan yang dibakar padahal
keduanya sama, hanya beda penyebutan saja. Artinya makanan yang lain
popularitasnya jauh lebih rendah bila BBQ ini digabungkan dengan yang
dibakar.
Diluar
dugaan ternyata di internet orang jauh lebih banyak mencari informasi
tentang emas ketimbang bentuk investasi lainnya seperti stock (saham),
tabungan, reksa dana dan property. Untuk property ini terjadi perubahan
paradigma dari lebih unggul ketimbang emas sepuluh tahun lalu – terus
menurun hingga kini popularitasnya kurang dari seperuh emas.
Empat
kasus tersebut hanya sekedar contoh bagaimana data elektronis itu bisa
menjadi pendamping keputusan yang akan kita buat atau memantapkan
keputusan yang sudah kita buat.
Lantas bagaimana menggunakannya ?
Untuk
Agama misalnya, kita tentu tidak beragama ini berdasarkan informasi
trend-nya Mbah Google. Tetapi sungguh menarik ketika ada pihak-pihak
yang berusaha memojokkan Islam, ternyata justru membuat Islam semakin
populer di dunia. Semoga dengan popularitas ini semakin banyak orang
mendapatkan hidayahNya.
Untuk politik, ini bisa untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya bagi negeri ini. Ndak usah
repot-repot mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk mengusung calon
presiden yang tidak populer. Untuk tahun ini berikan saja seperti yang
dihendaki rakyat, kemudian effort terbesar umat ini digunakan untuk
mengawasi jalannya pemerintahan – agar berjalan minimal tidak
bertentangan dengan kepentingan umat dalam berbagai bentuk kebutuhannya.
Umat tidak harus di pemerintahan tetapi harus bisa mengawal jalannya
pemerintahan agar tidak merugikan kepentingan umat.
Untuk
makanan, kami menggunakannya hasil analisa trend ini di startup center
untuk merancang jenis-jenis makanan yang akan kami sebar luaskan di
masyarakat. Makanan di samping misalnya kami sebut Ayam BBQ yang
insyaAllah menandai lahirnya jenis makanan baru yang sehat, lezat dan
cocok untuk konsep makan bersama dalam Islam.
Untuk
investasi, meskipun dalam pengertian kami emas lebih bersifat proteksi
nilai – namun karena nilainya dalam jangka panjang mengungguli
nilai-nilai investasi lainnya – maka pasti bukan kebetulan bila
mayoritas pembaca situs ini memang sudah memilih emas ketimbang
bentuk-bentuk investasi lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar