Power Lunch Majlis BTWG 01/03/14 : Startup Get Real…

Senin, 10 February 2014
Oleh: Muhaimin Iqbal
Bagi yang sudah (pernah) bergabung dengan majlis Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafuur (BTWG), insyaAllah pertemuan ke empat akan diadakan pada hari Sabtu 01 Maret 2014. Sebagaimana pertemuan-pertemuan sebelumnya yang meng-encourage praktek/amal setelah ilmu, pertemuan kali ini akan benar-benar mendemonstrasikan bagaimana suatu business model digali idenya, digagas penerapannya, diintegrasikan resources-nya sampai dibidani kelahirannya.


Anda yang berkesempatan bergabung pada pertemuan ke 4 tersebut akan ikut menyaksikan lahirnya bayi startup berikutnya, yang landasan ilmu dan nilai-nilainya sudah sebagiannya didiskusikan di pertemuan-pertemuan sebelumnya.

Bukan hanya menyaksikan, bahkan Anda bisa ikut terlibat dalam merasakan hasilnya - sekaligus bisa berpartisipasi dalam gerbong kereta yang lokomotifnya insyaAllah sudah siap berjalan ini.

Supaya melahirkan konsep pembelajaran yang riil – langsung praktek, konsep tentang startup ini kami wujudkan dalam bentuk usaha baru yang nyata. Wujudnya adalah dalam bentuk rumah makan yang unique karena tidak melibatkan bumbu-bumbu buatan (seperti MSG dlsb) dan bahkan juga tidak melibatkan minyak goreng !

Mengapa kita berani melakukan sesuatu yang sangat berbeda ini ? disitulah nilai utama pembelajarannya. Bahwa ketika membangun usaha-pun, kita harus memiliki misi yang layak untuk diperjuangkan. Misinya kali ini adalah menyediakan makanan yang bukan hanya halalan thoyyiban tetapi juga azkaa tho’aaman (QS 18 :19) – makanan yang bersih dari pengaruh-pengaruh yang merusak generasi.

Bisnis riil yang kami sebut “Ayam BBQ Zaitun” ini digagas sebagai model pembelajaran yang berkelanjutan sehingga para peserta bukan hanya datang untuk melihat kelahirannya dan merasakan produknya, tetapi juga sangat banyak yang bisa dijadikan pembelajaran-pembelajaran berikutnya. Mulai dari pasarnya, distribution channel-nya, value proposition-nya, asset & activity-nya, financial model-nya dlsb. dlsb.

Ayam BBQ Zaitun ini juga merupakan hilir yang hulunya sudah dilatihkan dalam pertemuan sebelumnya yaitu materi “Pembibitan dan pengembangan Usaha Berbasis Zaitun.

Dengan proses pembelajaran yang melibatkan usaha baru mulai dari kilometer nol-nya ini, diharapkan para peserta bisa lebih ter-encouraged untuk bisa memulai startup-nya sendiri. Bahkan kalau belum PD untuk melakukannya sendiri, dapat nimbrung di gerbong yang insyaAllah siap jalan ini.

Bergabungnya bisa dalam bentuk menjadi supplier dari bahan-bahan yang kami butuhkan, ikut membuka outlet dalam bentuk booth-booth di tempat yang strategis, bahkan juga bisa magang di restaurant yang baru ini.

Untuk Anda yang berada di wilayah Jabodetabek dan memiliki tempat-tempat yang strategis, insyaAllah Anda sudah akan bisa buka outlet dalam waktu satu atau dua bulan kedepan. Karena konsep pengembangan jalur distribusinya bukan seperti franchise pada umumnya, tetapi menggunakan konsep build and sell – Anda tidak harus keluar modal untuk outlet semacam ini.


Value Proposition di Ayam BBQ booth

Konsep ini juga menjadi pembelajaran tersendiri , dimana pemodal awal (jaringan yang sudah ada di kami) akan menyediakan pendanaan untuk sekitar 10 outlet pertama di lokasi-lokasi strategis. Kemudian setelah berjalan, outlet tersebut dapat dibeli oleh investor berikutnya dengan harga yang sesuai dengan turn-over riilnya.

Investor pertama kemudian akan menggunakan hasil penjualannya untuk membuka outlet-outlet berikutnya, dst. Dengan konsep ini kedua belah pihak akan diuntungkan dan terlindungi kepentingannya.

Para pendiri mendapatkan peluang untuk memperluas jaringannya, para pembeli outlet – dia membeli outlet yang sudah memang benar-benar berjalan dan dapat dihitung/diamati penjualannya dari watu ke waktu sebelum diputuskan untuk membeli.

Lebih detil tentang peluang ini akan kami jelaskan pada pertemuan yang insyaAllah dilaksanakan tanggal 01/03/2014 tersebut di atas. Hanya sedikit berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya yang selalu digratiskan termasuk lunchbox-nya; pertemuan kali ini berbayar.

Ada dua maksud dengan membuatnya berbayar kali ini, pertama agar kapasitas 100 orang yang kami sediakan terisi secara efektif – yang mendaftar adalah yang benar-benar serius akan datang. Yang kedua karena kali ini kita tidak lagi makan siang  dalam lunch box, tetapi makan siang dengan full menu dari seluruh menu yang tersedia di restaurant yang dijadikan project pembelajaran tersebut di atas.

Itulah sebabnya pertemuan majlis BTWG kali ini juga kita berinama pertemuan Power Lunch – bukan makan siang biasa, tetapi makan siang yang insyaAllah memberdayakan potensi-potensi yang ada pada seluruh pesertanya.

Bagi yang berminat bergabung dan meng-eksplorasi peluang ini, silahkan mendaftar dengan mengirim email ke info@lastfeet.com dan membayar Rp 100,000 per peserta ke rekening : Kop.BMT. Daarul Muttaqiin di Bank Syariah Mandiri, no ac : 172 000 8685.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar