Outliers : Pohon Zaitun Yang Tumbuh Tidak Di Timur dan Tidak Pula Di Barat...

treeOutliers adalah judul buku yang ditulis oleh Malcolm Gladwell (Penguin Books, 2008) yang dua buku dia sebelumnya The Tipping Points dan Blink juga pernah saya jadikan sebagai bahan tulisan saya di situs ini.
Buku terbaru Outliers ini bercerita tentang kisah-kisah sukses orang dari berbagai latar belakang dan profesi, dari pemain hockey, programmer computer sampai pengusaha paling sukses sekaliber Bill Gates.
Orang-orang yang sangat sukses dibidangnya masing-masing ini oleh penulis dsebutnya sebagai Outliers – yang artinya kurang lebih adalah sesuatu yang berada jauh dari kelompoknya, sesuatu yang sangat berbeda dari jenisnya. 
Yang menarik dari karya penulis ini adalah dia tidak terfokus pada faktor internal dari pribadi-pribadi yang sangat sukses tersebut, dia lebih banyak menguraikan faktor-faktor dari luar yang memungkinkan seorang menjadi sangat sukses dibidangnya. 
Saya tidak menguraikan faktor-faktor sukses eksternal tersebut karena tulisan ini tidak dimaksudkan sebagai resensi dari bukunya Malcolm, tetapi inti dari pesan yang dia sampaikan dalam buku tersebut yang ingin sayashare dengan para pembaca situs ini.
 Inti dari pesan buku tersebut adalah sebagai berikut ; “ Pohon yang tumbuh sangat tinggi di hutan, jauh diatas pohon-pohon sejenisnya  - bukanlah semata karena pohon tersebut memiliki segala keunggulan dalam diri nya – melainklan dia adalah  produk lingkungannya. Dia tidak akan bisa leluasa menikmati pertumbuhannya bila sedari kecil kerindangan pohon-pohon lain di sekeliling menghalanginya untuk memperoleh sinar matahari...”. 
Bagi kita umat Islam, kita yakin sepenuhnya bahwa  sukses tidaknya kita ada di tangan Allah semata. Namun pada saat yang bersamaan kita juga harus mengikuti sunatullah hukum sebab akibat.
Di tataran ikhtiarnya, untuk bisa sukses kita harus berusaha mengumpulkan segala faktor internal dan eksternal yang memungkinkan untuk mencapai kesuksesan tersebut – apapun bidang yang kita tekuni dan apapun kriteria sukses kita.
Untuk faktor eksternal dibidang usaha misalnya, negara yang proses perijinan usahanya ribet, pajaknya mencekik, infrastruktur industrinya amburadul dan birokratnya korup tentu tidak akan melahirkan banyak pengusaha yang sukses. Segala faktor eksternal yang menghambat ini adalah seperti kerindangan pohon diatas yang menghalangi pohon kecil dari memperoleh sinar matahari sehingga dia sulit tumbuh. 
Untuk faktor internalnya, kita tidak bisa menyerah dengan lingkungan. Bila lingkungan usaha tersebut bisa kita atasi dengan cara yang halal – maka ini baik, bila tidak – maka bukankah bumi Allah luas ?. 
Sebagai makhluk terbaik yang diciptakan Allah, kita lebih beruntung dari pohon yang sangat tinggi sekalipun – kita bisa memilih lingkungan kita, termasuk memilih lingkungan untuk berusaha. Kita tidak bisa dibatasi oleh lingkungan dimana kita dilahirkan, atau lingkungan dimana sekarang kita bertempat tinggal – bila lingkungan tersebut tidak kondusif untuk pertumbuhan (usaha) kita maka di bumi Allah yang luas ini – insyaallah akan selalu ada tempat untuk (usaha) kita agar bisa tumbuh secara optimal.
Pohon zaitun yang menghasilkan buah terbaik adalah pohon zaitun yang tumbuh di puncak bukit sehingga mendapatkan sinar matahari sepanjang waktu; itulah gambaran produk terbaik dari lingkungan terbaik menurut Al-Quran :
 Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahayaNya adalah seperti lubang yang tidak tembus yang didalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca, (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula dibarat, yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya diatas cahaya, Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang-orang yang dikehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah maha mengetahui segala sesuatu.” (QS An-Nur 35).
 Jadi kalau usaha atau karir Anda sulit tumbuh di lingkungan tempat usaha atau tempat Anda bekerja sekarang, jangan buru-buru nyalahin lingkungan. Lingkungan memang amat sangat penting pengaruhnya bagi keberhasilan Anda, tetapi sesungguhnya Anda bebas memilih lingkungan tersebut, bukankah bumi Allah luas ?. Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar