iGrow : Green Platform Untuk Memulai

Ahad, 7 September 2014
Oleh: Muhaimin Iqbal

Alhamdulillah setelah beberapa tahun mewacanakan dan mendiskusikan konsep memakmurkan bumi melalui situs ini dengan Kebun Al-Qur’an dlsb., per Sabtu 6/9/2014 kemarin kita bersama memasuki tahap berikutnya. Bukan lagi wacana dan konsep, tetapi adalah kerja bareng untuk bisa benar-benar mewujudkannya. Dengan segala persiapan yang telah kami lakukan, termasuk system informasi iGrow – Andapun kini bisa terlibat langsung sesuai dengan kapasitas Anda masing-masing.


Sehingga ketika Anda membaca Allah berfirman melalui pengucapan nabi Saleh ‘Alaihi Salam : “… Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya..." (QS 11:61), maka kini Andapun bisa menyanggupi penugasan ini dengan menjawab “ Ya Allah, insyaAllah aku sanggup menerima penugasan ini…”.

Seperti apa bentuknya dan bagaimana memulainya, ini yang kami bahas melalui workshop Mukjizat A-Qur’an di Bidang Pertanian dan Aplikasinya di Jaman Ini – kemarin di Startup Center Depok. Karena kapasitas angkringan kami hanya sekitar 200 orang, separuh dari pembaca situs ini dan separuh undangan kami lainnya – maka tentu lebih banyak Anda yang belum berkesempatan bergabung. Untuk ini, melalui tulisan ini kami share seluasnya apa yang kami bahas di dalam workshop tersebut.

Intinya dengan berbagai teori yang sudah kita diskusikan melalui tulisan-tulisan sebelumnya, kami ingin mulai mengajak Anda semua untuk bisa terlibat di dalam mewujudkan bumi yang makmur dengan mengikuti cara yang ditunjukanNya. Lantas apa yang bisa mulai Anda perankan dalam kerja besar ini ?

Berbagai Peluang Untuk Anda

Bila Anda sarjana baru atau lulusan pesantren yang siap terjun ke dunia kerja dan tidak ingin bekerja yang biasa-biasa saja, maka ada peluang bagi Anda untuk menjadi pelaku-pelaku langsung dalam kerja keras memakmurkan bumi ini – yaitu dengan mulai ‘nyantri’ agroforestry tiga bulan gratis di fasilitas kami. Target lulusannya adalah Anda bisa mengelola secara mandiri kebun-kebun agroforestry ukuran kecil sampai menengah.

Bila Anda pegawai yang belum memiliki waktu luang tetapi Anda memiliki dana idle di bank-bank yang Anda juga tidak tahu digunakan apa oleh bank uang Anda tersebut, maka kini saatnya Anda untuk mengggunakan sebagian kecil saja uang Anda untuk mulai mensponsori penanaman pohon buah produktif di negeri ini.

Ada program yang kami sebut Sertifikat Kepemilikan Pohon (SKP), dimana Anda sudah mulai bisa menanam satu pohon durian atau lengkeng – lengkap dengan pengelolaan dan sewa lahannya selama 18 tahun (durian) atau 12 tahun (lengkeng). Progress penanaman dan sampai lokasi detilnya pohon Anda-pun dapat Anda ikuti semudah membuka account facebook melalui situs khusus untuk ini yaitu iGrow.club.


www.igrow.club | Green Platform

Pada waktunya pohon tersebut berbuah, Anda akan mendapatkan bagi hasilnya yang bisa Anda nikmati ataupun Anda wakafkan untuk berbagai aktifitas sosial dan dakwah. Di situs yang sama Anda juga akan mengetahui bahwa kegiatan Anda menanam pohon tersebut ber-efek langsung pada terserapnya CO2 di Udara – yang data kumulatifnya kami sajikan di dashboard iGrow real-time.

Bila Anda ingin terlibat lebih jauh dari ini dan ingin memiliki kebun Anda sendiri – bukan hanya sewa, maka produk yang telah lama kami siapkan kini juga sudah bisa Anda miliki. Yaitu apa yang kami sebut Kepemilikan Kebun Produktif (KKP), semacam real estate tetapi bukan untuk rumah – khusus untuk kebun.

Kavling KKP yang kini mulai tersedia adalah di Kebun Al-Qur’an Jonggol Farm. Hanya saja maaf untuk KKP pertama ini jumlahnya masih sangat  terbatas – yaitu hanya sekitar 160 unit dengan luasan masing – masing sekitar 250 m2. KKP yang pertama ini-pun akan terkesan mahal karena lokasinya pas berbatasan dengan komplek perumahan raksasa yang mereka sudah menjual lahannya Rp 1.2 juta per m2.

Yang untuk kebun ini harganya sekitar 1/3 dari komplek perumahan tersebut sudah termasuk bibit-bibit pohon yang bisa Anda pilih sendiri dari yang ada di pembibitan kami seperti zaitun, tin, kurma dlsb. Pengelola KKP juga akan menyediakan bibit pengganti bila bibit yang ditanam di tanah Anda mati.

Meskipun kavling KKP ini masih mahal, tetapi ini bisa jadi cara yang paling mudah dan aman untuk Anda belajar langsung Berkebun Al-Qur’an bersama kami. Selain kepemilikan lahan SHM yang mengamankan investasi Anda, kapanpun Anda ingin menengok dan belajar langsung berkebun – Anda bisa lakukan dengan waktu tempuh yang tidak lebih lama dari waktu tempuh Anda sehari-hari ke kantor. Anda juga tidak perlu lagi membayar tenaga kerja khusus untuk merawat dan menjaga keamanan kebun Anda, karena kami telah menyediakan semua tenaga kerja untuk melakukan perawatan dan pengamanannya.

Kalau SKP nilai investasi Anda bisa mulai Rp 1.5 juta untuk pohon kelengkeng (lengkap dengan sewa lahan, bibit, perawatan dlsb.) sampai Rp 5 juta untuk pohon Durian, kemudian KKP sekitar Rp 100 juta untuk Anda memiliki kebun sendiri lengkap dengan bibit, pemeliharaan dan pengamannya – maka kami juga menyediakan yang bener-bener gratis dan bahkan bisa menjadi peluang Anda di dalam project iGrow ini. Apa itu ?

Selain sebagai tenaga magang atau ‘nyantri’ tersebut di atas, di dalam komunitas iGrow atau selanjutnya kami sebut iGrow Club dengan situs resmi di www.igrow.club, banyak sekali terbuka bidang pekerjaan mandiri yang bisa Anda elaborasi peluangnya.

Ada yang kita sebut operator atau pengelola kebun. Yang Anda lakukan adalah mengidentifikasi sentra-sentra produksi buah tropis yang unggul. Bila sentra produksi tersebut bener-bener memiliki keunggulan dan size-nya memadai, maka Anda bisa membentuk badan hukum baik berupa koperasi atau PT untuk mengelola buah tropis unggul di daerah tersebut. Harus berbadan hukum karena ini menyangkut pekerjaan lama yang tidak boleh bergatung pada individu.

Setelah semuanya siap, maka badan hukum Anda tersebut dapat menjadi pintu masuk bagi anggota iGrow Club untuk mensponsori pohon-pohon buah unggul dalam target pengelolaan Anda tersebut.

Dari sinilah badan hukum Anda bisa menjadi pintu masuk bagi aliran modal ke petani-petani buah unggul dalam pengelolaan Anda, sekaligus nantinya juga menjadi pintu keluar pemasarannya. Inilah langkah awal Anda untuk ikut berperan membendung aliran buah impor dan menggantikannya dengan buah tropis unggulan kita sendiri.

Agar sponsor dari pohon-pohon Anda terlindungi kepentingannya, maka diperlukan pihak ketiga yang berkompeten dibidang ini, untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap aktivitas kebun Anda. Pihak ketiga inilah yang kami sebut Independent Surveyor.

Tugasnya bukan hanya untuk memverifikasi keberadaan serta kwalitas kebun Anda, tetapi juga membantu mengatasi masalah-masalah yang mungkin Anda hadapi seperti penyakit, tingkat produktifitas tanaman dlsb. Independent Surveyor bisa berupa badan hukum atau individu yang kita akui kapabilitasnya, misalnya dari kalangan peneliti, dosen atau sarjana yang berpengalaman di bidangnya.

Dengan adanya SKP dan KKP, kemudian juga para professional pengelola kebun yang pekerjaannya diverifikasi oleh ahli independen – maka inilah yang kami sebut Green Platform (platform hijau) yang akan memudahkan siapapun Anda untuk terlibat secara langsung dalam aktivitas pemakmuran bumi ini.

Bagi Anda sendiri ini bisa jadi investasi ataupun sedekah jariyah Anda, bagi para petani ini adalah peningkatan potensi lapangan kerja dan pendapatan, bagi negeri ini adalah cara murah dan mudah untuk menghentikan impor buah dan bagi masyarakat pada umumnya ini adalah produksi oxygen sekaligus juga penyerapan CO2 – yang memang harus ada yang bener-bener berbuat untuk melestarikan kehidupan ini.

Materi lengkap acara workshop tersebut di atas dapat Anda download atau baca langsung di :


Sedangkan detil petunjuk penggunaan situs www.igrow.club dapat juga Anda download atau baca langsung di :


Peminat project ini dapat berhubungan langsung dengan ceo@igrow.club atau melalui kontak situs ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar